Selasa, 23 Juni 2009

Sekdes Sebut Kades Inisiator Kapling Tanah PT KAI

Soko Tuban
TUBAN-Posisi Kades Bogorejo, Kecamatan Merakurak Sakip dalam kasus korupsi tanah PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama 2007-2008 kian tersudutkan. Itu terungkap dalam sidang lanjutan kemarin (22/6). Dalam sidang beracara pemeriksaan saksi tersebut, dia yang didampingi penasihat hukumnya Sunarno Edy Wibowo nyaris tak mendapat pembelaan dari Sudarso, sekdesnya. Keterangan saksi kunci kabarnya diharapkan bisa meringankan terdakwa. Awalnya, Sudarso memang berusaha ''membela'' Sakip. Salah satunya, dengan keterangannya yang mengatakan bahwa pengkaplingan lahan PT KAI tersebut dengan pertimbangan untuk membayar surat pemberitahuan pajak tertinggi (SPPT) lahan PT KAI yang sejak klansiran (penghitungan ulang) pada 2006 menjadi beban desa.

Namun, begitu ketua majelis hakim Nova F. Bunda menanyakan mengapa pembayaran pajak tersebut tidak dimintakan kepada PT KAI selaku pemilik tanah dan PT SG yang menyewa lahan, dia tak mampu menjawab.

Nova pun mengorek lebih lanjut inisiatif pengapling dan yang menerima dana hasil penjualan lahan tersebut. ''Inisiatif itu dari kades,'' tegas dia. Dia juga membenarkan pengaplingan dan penjualan lahan tersebut tidak melalui persetujuan perangkat desa setempat. Bahkan, terang Sudarso, perangkat desa terkesan ditinggalkan. Dikatakan dia, dalam pengaplingan lahan PT KAI di desa tersebut, terdakwa justru memerintahkan Mardi.

Diterangkan Sudarso, lahan PT KAI tersebut dikapling menjadi 26 buah. Luasnya bervariasi. Sebagian besar berukuran 6x20m. Harganya sekitar Rp 3 hingga 10 juta.

Selain Sudarso, kemarin majelis hakim juga memeriksa empat saksi lainnya. Mereka antara lain, Musalahar dan Purnomo pembeli tanah yang tinggal di desa setempat dan Sujianto, pembeli tanah yang tinggal di Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban. Atas penjualan lahan tersebut, PT KAI merugikan negara sekitar Rp 300 juta.(ds) (Radar Bojonegoro)

0 coment:

About This Blog

Cek Tagihan PLN

blog tutorial

Gabung Yuk...!

Test Form

Name:
Email Address:
Alamat Web
Berapa usia anda...? Dibawah 17 th
Antara 17 s/d 30th
Diatas 30 th
Apa jenis kelamin anda Pria
Wanita
Baina huma
Apa pendapat anda tentang blog ini..? Sangat kami harapkan, saran, kritik, maupun pendapat anda. silahkan ketik pada kolom disamping ini

free forms

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP