bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Jumat, 26 Juni 2009

Lapas Balik Tuding Kejari Tak Disiplin

Soko Tuban
TUBAN - Dituding sebagai biang molornya jadwl sidang di Pengadilan Negeri (PN) Tuban selama ini, Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Tuban angkat bicara. Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Tuban, Heru Gunawan mengatakan, keterlambatan tersebut karena surat panggilan sidang yang dikirim ke lembaganya baru diterima pada hari H. Sekitar pukul 09.00 hingga 09.30. Begitu menerima surat panggilan tersebut, kata dia, Lapas Tuban langsung memproses. Tahapannya, mencocokkan surat panggilan dengan register tahanan, menyerahkan surat panggilan kepada komandan jaga, menjemput tahanan di blok tahanan, dan kemudian mensidik jari tahanan

sebelum dibawa jaksa. Proses administrasi tersebut, terang Heru, memakan waktu sekitar satu jam. Di bagian lain, pria asal Bandung ini juga membantah pernyataan Kasi Pidum Kejari Tuban Samsul Hadi bahwa surat panggilan sidang untuk tahanan dikirim sehari sebelumnya. Seperti surat panggilan sidang untuk hari ini (kemarin). Surat panggilan tersebut baru diterimanya sekitar pukul 09.00.

''Apa yang disampaikan kejaksaan tersebut adalah untuk kondisi idealnya. Namun, kenyataannya tidak seperti itu,'' tegas Heru.

Ditambahkan mantan Kasubsi Registrasi Lapas Narkoba Cirebon ini, selain mengirim surat panggilan mendekati jadwal sidang, kejaksaan juga seringkali terlambat menjemput tahanan yang sudah disiapkan.

Seperti diberitakan, jadwal sidang di PN Tuban yang berlaku jam karet karena dimulai di atas pukul 10.00 membuat institusi Kejari setempat dan pengadilan saling lempar kesalahan. Humas PN Tuban Nova F. Bunda secara tersirat mengatakan, institusi pengadilan tidak bisa dikaitkan dengan molornya jadwal sidang. Dikatakan dia, karena jam kerja pengadilan mulai pukul 08.00, pada jam itu pun, hakim siap menyidangkan perkara pidana. Itu pun dengan catatan jaksa, terdakwa, dan saksi sudah datang. Hal yang sama juga berlaku untuk perkara perdata.

Kasi Pidum Kejari Tuban Samsul Hadi yang dihubungi terpisah juga keberatan kalau institusinya dianggap sebagai biang molornya jadwal siang. Untuk menemukan pemicu molornya jadwal sidang, di depan wartawan koran ini, dia kemudian memanggil sejumlah stafnya yang terkait dengan urusan persidangan. Termasuk salah satu jaksa.

Dari pengusutan tersebut, Samsul menyimpulkan bahwa institusi kejaksaan sudah disiplin waktu. Hal paling krusial adalah menghadirkan tahanan yang dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban. Dikatakan jaksa asal Blitar, ini tahanan yang hendak disidangkan esok sehari, jadwalnya dikirim ke Lapas sehari sebelumnya. Namun, nyatanya, kata Samsul, menurut laporan stafnya, administrasi keluarnya tahanan baru diproses sesaat sebelum tahanan dikeluarkan. ''Kalau sudah begitu, jaksa dan saksi yang sudah siap sejak pagi pun tak ada gunanya,'' tegas dia.(ds)(Radar Bojonegoro)

About This Blog

Photobucket

Cek Tagihan PLN

blog tutorial
Powered By Blogger

Gabung Yuk...!

Test Form

Name:
Email Address:
Alamat Web
Berapa usia anda...? Dibawah 17 th
Antara 17 s/d 30th
Diatas 30 th
Apa jenis kelamin anda Pria
Wanita
Baina huma
Apa pendapat anda tentang blog ini..? Sangat kami harapkan, saran, kritik, maupun pendapat anda. silahkan ketik pada kolom disamping ini

free forms

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP