Jumat, 27 Februari 2009

Terendam Banjir


Soko Tuban

Banjir kiriman di Kota Bojonegoro, mengakibatkan banjir di Kabupaten Tuban. Sebanyak 11 desa di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo terendam air setinggi 0,5 meter-1 meter, Kamis (26/2/2009).

Desa-desa yang terendam air di persawahan maupun permukiman di wilayah Kecamatan Soko yakni, Desa Kenongosari, Pandan Wangi, Kendalrejo, Mojoagung, Menilo, Glagahsari dan Desa Sandingrowo. Di wilayah Kecamatan Rengel ada di Desa Karang Tinoto, Kanorejo, Tambakrejo, Ngadirejo, Sawahan, Rengel, Campurejo dan Sumberejo.

Luberan air juga merambah masuk ke lahan persawahan. Ditaksir ribuan hektar lahan padi dan jagung umur 1,5 bulan hingga 2 bulan terendam air setinggi rata-rata 1 meter.

Pantauan detiksurabaya.com di lokasi bencana banjir menyebutkan, meski air sudah memasuki perkampungan, warga masih tetap bertahan. Mereka menempati rumah bangunan lain yang lokasinya lebih tinggi.

Meski sebagian rumah mereka terendam air, namun yang lebih dipikirkan warga adalah nasib tanaman padi. Padi yang kini berumur 1,5 bulan hingga ada yang siap petik tersebut kini direndam air.

Di Desa Karang Tinoto, Rengel, ketinggian air di badan jalan sudah merangkak hingga 60 cm. Meski begitu, kendaraan tak berani melintas karena takut terseret air yang meluber dari sungai Bangawan Solo.

"Kondisinya air makin naik, sampean tidak bisa ke sana karena jalannya sudah tertutup air. Kendaraan pun tak bisa lewat," ungkap Hartono (31), warga Kanorejo, Kecamatan Rengel, Tuban saat ditemui detiksurabaya.com di tempat pemberhentian perahu di Desa Rengel.

Sementara kondisi parah terjadi Dusun Jetis dan Tangsari, Desa Ngadirejo dan Dusun Klubuk, Desa Kanorejo dan sebagian Desa Tambakrejo. Lokasi dusun ini persis di pinggir bengawan sehingga begitu air meluber, dipastikan merendam kampung.

Banjir langganan ini, hampir tiap tahun menimpa mereka karena sepanjang DAS Bengawan Solo yang melintas di desanya belum dibangun tanggul. Kondisi ini berbeda dengan wilayah Kecamatan Plumpang dan Kacamatan Widang yang sudah terbangun tanggul bengawan setinggi 7 meter.

Terdata kawasan DAS Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Tuban yang belum ada tanggul mulai Desa Menilo, Kecamatan Soko hingga Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel. Setelah itu, tanggul telah berdiri mulai wilayah Desa Sumberjo, Kecamatan Rengel lalu Kecamatan Plumpang hingga Kecamatan Widang.(fat/fat) sumber : surabaya.detik.com

0 coment:

About This Blog

Cek Tagihan PLN

blog tutorial

Gabung Yuk...!

Test Form

Name:
Email Address:
Alamat Web
Berapa usia anda...? Dibawah 17 th
Antara 17 s/d 30th
Diatas 30 th
Apa jenis kelamin anda Pria
Wanita
Baina huma
Apa pendapat anda tentang blog ini..? Sangat kami harapkan, saran, kritik, maupun pendapat anda. silahkan ketik pada kolom disamping ini

free forms

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP