bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Selasa, 14 Oktober 2008

BLT Warga Simo Disunat Besarnya Rp 50.000 - Rp 150.000

Soko Tuban
Tuban- Surya
Pembagian dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) di Kecamatan Soko, Tuban belum berjalan mulus. Pasalnya, pencairan dana BLT tahap kedua diduga disunat untuk dibagikan kepada warga desa yang tidak mendapatkan BLT. Dugaan penyunatan dana BLT itu terjadi saat pencairan BLT tahap kedua di enam titik Kecamatan Soko, yakni di Balai Desa Simo, Balai Desa Pandanwangi, Balai Desa Sokosari, Balai Desa Prambon Tregayam, Balai Desa Klumpit, dan Balai Desa Nguruan.

Di Balai Desa Simo ada 1.275 KK yang mendapatkan BLT, sedangkan total penerima BLT di kecamatan itu 9.071 KK.

Seperti diungkapkan Satiman,60, warga Dusun Sendang, Desa Simo, mengaku jika modus penyunatan dana dilakukan secara halus. Penyunatan dana BLT itu baru dilakukan ketika warga sudah menerima dana tahap kedua. “Dananya memang utuh Rp 400.000,” tandasnya.

Namun, persoalan muncul ketika dia dan puluhan warga desa yang telah menerima dana BLT pulang ke rumah. Karena begitu pulang ke rumah, pihaknya diminta untuk menyetorkan sebagian dana BLT ke RT. Potongannya setiap warga berbeda ada yang Rp 50.000, Rp 100.000 sampai Rp 150.000. “Kalau saya dipotong Rp 100.000. Waktu BLT tahap pertama, saya juga dipotong Rp 100.000,” tambahnya.

Menurut Napiatun,60, warga lainnya, dana itu informasinya dipakai untuk 'menyantuni' warga desa lain yang tak mendapat kartu BLT. Pemberian dana ke warga desa yang tak dapat BLT dilakukan agar warga tak iri dengan penerima BLT lain. “Warga desa kalau tak terima dana BLT biasanya iri atau rasan-rasan,” ujarnya.

Sementara Camat Soko, Kusmindar, saat dikonfirmasi membantah jika ada penyunatan dana BLT. Pasalnya, pihaknya tak pernah menginstruksikan kepada perangkat desa untuk memotong dana bagi warga non penerima BLT. “Saya tak pernah memberi instruksi apapun terkait penyunatan BLT. Instruksi yang diberikan sesuai prosedur yang ada,” paparnya kepada Surya.

Pihaknya tidak mengetahui kalau ada kesepakatan warga dengan perangkat desa setempat terkait pemotongan dana bagi warga non penerima BLT. “Kami akan mengecek ke lapangan. Jika memang ada, kami akan memberi sanksi kepada perangkat desa tersebut,” pungkasnya.sda
Sumber : surya online

0 coment:

About This Blog

Photobucket

Cek Tagihan PLN

blog tutorial
Powered By Blogger

Gabung Yuk...!

Test Form

Name:
Email Address:
Alamat Web
Berapa usia anda...? Dibawah 17 th
Antara 17 s/d 30th
Diatas 30 th
Apa jenis kelamin anda Pria
Wanita
Baina huma
Apa pendapat anda tentang blog ini..? Sangat kami harapkan, saran, kritik, maupun pendapat anda. silahkan ketik pada kolom disamping ini

free forms

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP