bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Rabu, 31 Desember 2008

KASUS RASKIN BANGUNREJO

Soko Tuban
Beras Dikembalikan, Tak Gugurkan Penggelapan
Perbuatan Sunjani, Kades Bangunrejo, Kecamatan Soko yang menggelapkan beras untuk keluarga miskin (Raskin) sebanyak 12 ton tidak gugur meski beras tersebut dikembalikan dalam jumlah yang sama oleh tersangka. ''Perbuatan melawan hukum itu sudah terjadi dan sama sekali tidak terpengaruh dengan pengembalian,'' kata Kasi Penindakan dan Penuntutan (Datun) Kejari Tuban Yuniarti Undarti kemarin (25/12).

Pengembalian beras yang digelapkan, kata dia, mungkin hanya jadi pertimbangan majelis hakim untuk meringankan hukuman.

Undarti yang juga jaksa penuntut umum (JPU) kasus tersebut menegaskan, unsur penggelapan yang dilakukan tersangka cukup kuat. Sisa Raskin sebanyak 12 ton selama ini diakui Sunjani masih dititipkan di gudang Dolog Tuban. Namun, setelah sejumlah warga mengecek, baru diketahui kalau berat tersebut sudah diambil Sunjani dan kemudian dijual.

Sunjani dilimpahkan penyidik polisi ke Kejari Tuban pada Rabu (24/12) lalu setelah berkas perkaranya dinyatakan sempurna (P-21) oleh kejaksaan. Setelah menerima pelimpahan, kejaksaan tak menahan tersangka dan hanya dikenakan wajib lapor. Saat penyidikan polisi, pria berpostur tinggi ini juga tidak ditahan.

Sunjani termasuk kades berpengaruh. Untuk bisa memeriksanya saja, penyidik polisi harus empat kali meminta izin kepada Bupati Tuban Haeny Relawati Rini Widyastuti. Karena sulitnya izin memeriksa tersebut turun, penyidikan kasus tersebut sempat molor hingga tujuh bulan. Sunjani dilaporkan menggelapkan Raskin jatah desanya untuk pengalokasian November hingga Desember 2006. Beras yang digelapkan adalah selisih pendistribusian sebanyak 1,447 kg dikalikan jumlah warga penerimanya sebanyak 354 orang selama dua bulan. Beras selisih pendistribusian yang sebelumnya berada di gudang Dolog Tuban tersebut diam-diam diambil dan kemudian dijual. Setelah kasus tersebut terungkap dan dilaporkan 30 Maret 2008 lalu, Sunjani mengganti beras sebanyak 12 ton untuk didistribusikan kepada warga penerima Raskin.(ds) Sumber : RADAR BOJONEGORO

0 coment:

About This Blog

Photobucket

Cek Tagihan PLN

blog tutorial
Powered By Blogger

Gabung Yuk...!

Test Form

Name:
Email Address:
Alamat Web
Berapa usia anda...? Dibawah 17 th
Antara 17 s/d 30th
Diatas 30 th
Apa jenis kelamin anda Pria
Wanita
Baina huma
Apa pendapat anda tentang blog ini..? Sangat kami harapkan, saran, kritik, maupun pendapat anda. silahkan ketik pada kolom disamping ini

free forms

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP